Agen CellMaxx Indonesia agen resmi penjualan CellMaxx di seluruh wilayah di Indonesia.

KANKER OTAK SEKUNDER

KANKER OTAK SEKUNDER

kanker otak sekunder

 

Kanker otak penyakit pembunuh diam-diam dimana sel-sel otak rusak karena adanya pertumbuhan sel abnormal dalam otak (pertumbuhan sel kanker).Kanker otak terbagi menjadi dua jenis yaitu kanker otak primer dan kanker otak sekunder.

Kanker otak primer adalah kanker otak dimana sel kanker menyerang secara langsung pada sel-sel otak.Kanker Otak primer diawali dengan adanya pertumbuhan sel kanker yang merambat merusak keseluruhan sel-sel pada otak.Penyebaran sel-sel kanker pada otak tidak akan merambat merusak sel-sel jaringan tubuh lainnya sehingga ketika seseorang terdiagnosa penyakit kanker otak primer maka sel-sel otaknya akan rusak hampir secara total.

Kanker otak primer biasanya disebabkan beberapa faktor yaitu diantaranya kurangnya erolahraga,terlalu banyak mengkonsumsi makanan mengandung zat kimia,konsumsi berlebih makanan mengandung zat karsiogenik,faktor keturunan (peluang terkena penyakit kanker otak lebih besar jika memiliki riwayat kesehatan keluarga yang mengidap penyakit kanker otak),dan beberapa faktor lainnya.

Kanker otak sekunder adalah jenis kanker otak dimana pertumbuhan sel kanker tidak secara langsung tumbuh pada otak melainkan sebuah rambatan dari pertumbuhan sel kanker pada organ tubuh yang lain,kanker otak seperti itu dinamakan kanker otak sekunder.

Pada penderita kanker otak sekunder penyakit awalnya bisa berupa penyakit kanker yang lain misalnya kanker paru-paru.Pada awalnya penderita kanker tersebut menderita kanker paru-paru namun karena rambatan sel kanker merambat merusak sel-sel otak maka orang tersebut secara otomatis telah menderita kanker otak sekunder.

Penderita kanker otak sekunder jauh lebih banyak dibanding kanker otak primer karena kanker otak jenis merupakan akibat dari rambatan sel kanker yang sebelumnya diderita seperti yang telah disebutkan di atas misalnya kanker paru-paru.

Kanker Otak Sekunder bisa saja hanya merusak sebgian kecil sel-sel pada otak namun meski begitu karena telah merusak se-sel pada otak kanker ini tetap dikategorikan kanker otak.Faktor penyebab dari kanker otak sekunder ini jelas lebih berkaitan dengan faktor penyebab kanker pada umumnya,karena penyebab utama yang menjadi pemicu kanker otak tipe ini justru jenis kanker lainnya.

Banyak faktor yang menjadi penyebab kanker diantaranya karena faktor keturunan (jika ada anggota keluarga yang menderita kanker anda bisa saja menderita penyakit yang sama),gaya hidup yang kurang sehat (kurang berolahraga),pola makan yang kurang sehat (seperti keseringan makan minum mengandung zat kimia),dan faktor lainnya.

Untuk mengurangi resiko penyakit kanker otak sekunder maka langkah yang mesti dilakukan adalah mengurangi resiko penyakit kanker itu sendiri.Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi resiko terserang penyakit kanker yaitu diantaranya:

Rutin berolahraga

Olahraga merupakan salah satu cara terbaik dalam menjaga kesehatan,dengan rutin berolahraga kesehatan akan lebih terjaga.Tak perlu setiap hari ataupun melakukan olahraga yang begitu berat untuk sehat cukup dengan rutin berolahraga minimal satu hari dalam seminggu meski hanya berolaraga jogging.

Kurangi konsumsi makanan mengandung zat kimia

Makanan mengandung zat kimia memiliki resiko jangka panjang untuk kesehatan.Awalnya memang tidak akan menimbulkan penyakit namun jika terlalu keseringan dan porsi konsumsi yang berlebih maka bisa menimbulkan masalah pada kesehatan tubuh.

Makan makanan yang sehat

Makanlah makanan yang sehat dan seimbang,jangan terlalu berlebih mengkonsumsi makanan tertentu makanlah makan seseimbangan mungkin dan sesuaikan secara kesehatan.

Kurangi konsumsi makanan Instan

Makanan instan atau siap saji biasanya mengandung berbagai zat kimia yang bisa membahayakan kesehatan tubuh jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang dan konsumsi yang berlebih.

Hindari Stres

Stres bisa memicu berbagai penyakit salah satunya kanker otak.Usahakan seberat apapun masalah cobalah untuk menyelesaikannya jangan biarkan masalah berlarut-larut sehingga menimbulkan stres.

Kurangi penggunaan handphone (gadget lainnya)

Gadget termasuk handphone menghasilkan suatu radiasi gelombang yang bisa membahayakan kesehatan otak anda dalam jangka panjang.Gunakan handphone sebijak mungkin karena suatu bukti ilmiah menunjukan jika penggunaan handphone berlebih bisa memicu tumbuhnya sel abnormal dalam otak. 
  • Kurangi makanan berlemak tinggi

Makanan berlemak tinggi memang terasa lezat namun perlu diingat dalam hidup segala sesuatu harus cukup tidak berlebihan tidak pula kekurangan.Kurangilah mengkonsumsi makanan berlamak tinggi karena makanan seperti ini bisa memicu pertumbuhan sel abnormal dalam otak.Selain itu makanan seperti ini juga bisa mengakibat penyakit lainnya seperti jantung.
  • Jangan terlalu berlebih mengkonsumsi makanan berprotein tinggi

Makanan berprotein tinggi memang baik bagi kesehatan tubuh namun jika berlebihan tentu akan mengakibatkan masalah pada kesehatan karena dalam mengkonsumsi sesuatu mesti sesuai porsi sehatnya.
  • Kurangi konsumsi makanan mengandung zat karsiogenik

Zat karsiogenik biasanya terdapat dalam makanan yang diasinkan dan diawetkan.Dalam jangka panjang jika terlalu sering mengkonsumsi makanan dengan zat ini maka kesehatan kita akan terganggu dan zat ini pula bisa menjadi pemicu pertumbuhan sel kanker di otak.
  • Hilangkan kebiasaan menggunakan minyak goreng berulang

Tujuan menggunakan minyak goreng berulang biasanya karena ingin berhemat namun Anda perlu tahu kebiasaan seperti ini justru bisa mengakibatkan efek buruk dalam jangka panjang bagi kesehatan tubuh Anda.

KANKER OTAK SEKUNDER Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sani Supita

0 komentar:

Posting Komentar